Sunday, September 4, 2011

Cara Menggunakan MMD

Sumber: http://mmdsekai.com/

Pengenalan

Pra-syarat pengetahuan yang diperlukan: Tidak ada
Tutorial ini adalah untuk pemula yang ingin mempelajari fungsi dasar MikuMikuDance, menghidupkan sesuatu yang sangat sederhana dan memahami konsep animasi. Setiap bab ini dirancang untuk menjadi pendek dan sesederhana mungkin.
Pada akhir tutorial ini, pengguna harus dapat:
    1. Menavigasi user interface dan memahami fungsi dasar
    2. Memanipulasi model, aksesoris dan kamera
    3. Ketahuilah perbedaan antara modus kamera dan modus Model
    4. Impor wav / avi / file gambar
    5. Beban avi / gambar ke "layar" dengan menggunakan "Mode Screen Capture"
    6. Membuat dan membuat animasi sederhana
    7. Membedakan beberapa format file yang berbeda terkait dengan MMD

    Bab 1 - Download dan MikuMikuDance Pengaturan

    Jika Anda belum melakukannya, silahkan download versi terbaru dari MMD dari VPVP . Meskipun saat ini ada tiga versi yang berbeda ditunjukkan, satu-satunya yang Anda perlukan adalah MikuMikuDance (DirectX9 Version).

    Klik di sini untuk mengunjungi VPVP dan download MikuMikuDance (DirectX9 Version). 

    Setelah men-download file zip, double klik dan ekstrak folder dan isinya. Di dalam folder diekstraksi, harus ada "MikuMikuDance.exe" program yang Anda dapat klik dua kali untuk mulai menjalankan MMD.
    Catatan:
    1. "Model Edisi multi" dan "Edisi Choerography" pada VPVP adalah versi sebelumnya dari MMD dan bagi pengguna yang komputer tidak dapat menjalankan Versi DirectX9.
    2. Hal yang besar tentang MMD adalah bahwa itu adalah program yang berdiri sendiri dan tidak akan memerlukan "prosedur instalasi" atau membuat perubahan pada variabel sistem Anda atau pendaftar jendela. Jika Anda ingin menyingkirkan itu, cukup pilih folder tersebut dan mengirimkannya ke tong sampah.
    3. Demi kenyamanan, Anda dapat membuat shortcut untuk program dan meletakkannya di desktop Anda. Klik kanan MikuMikuDance.exe dan pilih "Create Shortcut". Sebuah shortcut yang baru dibuat akan muncul dalam folder dan Anda dapat mengklik dan drag ke desktop Anda.

      Bab 2 - User Interface

      Karena itu user interface MMD mungkin terlihat membingungkan untuk pengguna pertama kali, saya telah membagi user interface menjadi tiga bagian yang berbeda untuk referensi mudah dan juga memberikan deskripsi singkat dari setiap bagian di bawah ini:
      Bagian 1 (Merah)
      • Ini adalah "Tampilan Jendela" di mana Anda akan melihat dan memanipulasi model Anda / aksesoris.
        Bagian 2 (Biru) berisi enam panel, masing-masing dengan tujuan yang berbeda:
        • Model: Load model, model yang beralih sifat dan pilih "Kamera / Terang / Aksesori Mode" atau "Mode Model".
        • Kamera: Toggle dan mengubah perspektif kamera
        • Pencahayaan: Kontrol sumber cahaya dan warna cahaya
        • Aksesori: Beban aksesoris, membuat model "melengkapi mereka", dan properti aksesori beralih
        • Lihat: Memberikan sudut pandang kamera instan
        • Bermain: Mainkan animasi dalam jendela tampilan
              Bagian 3 (Kuning) berisi 3 panel:
              • Manipulasi tulang Bingkai: Undo atau Redo perubahan yang dibuat untuk tulang model titik bingkai terdaftar
              • Bingkai Manipulasi Window: Memanipulasi poin bingkai terdaftar
              • Interpolasi Curve: Tentukan kecepatan animasi tulang model / kamera dari Sebuah frame ke frame B.
              Beberapa hal dan istilah yang saya sebutkan mungkin tidak masuk akal, terutama "bagian 3", tapi jangan khawatir. Saya akan meyakinkan Anda bahwa segala sesuatu dengan sempurna akan datang bersama-sama. Dalam beberapa bab berikut, Anda akan mendapatkan pengalaman dengan MMD.

              Bab 3 - Pengantar Model PMD.

              Sebuah model. PMD objek 3D yang memiliki bagian bergerak dikendalikan oleh "tulang". Karena mereka memiliki tulang, PMD model. Dapat diajukan dalam setiap masalah yang Anda inginkan.Sebagai contoh, model PMD dalam bentuk manusia. Memiliki lengan dan tulang kaki yang dapat memanipulasi dan model PMD dalam bentuk mobil. Memiliki bagian bergerak seperti "roda", "jendela", "kaca wiper dll ". Pikirkan model PMD. Sebagai "action figure / boneka / mainan dengan sendi poseable"
              Dalam contoh gambar di atas, saya ajukan tiga. Model PMD.
              • Sebuah PMD model. Rin dan Len Roadroller
              • Sebuah PMD model. Rin Kagamine naik buldoser ke bawah
              • Sebuah PMD Len. Kagamine model yang mencoba melarikan diri nyeri tak terelakkan nya

              Selanjutnya, saya akan menjelaskan cara memuat dan melihat Anda model. PMD.

              Bab 4 -. Loading dan Menghapus PMD Model

              Dalam bab ini, saya akan menjelaskan langkah demi langkah prosedur tentang cara untuk beban Anda model. PMD ke jendela layar Anda dan kemudian menghapus mereka nanti.

              Memuat Model:

              1. Gerakkan mouse Anda ke panel merah di bagian bawah bernama "Model Manipulasi". (Jika Anda lihat gambar pada Bab 2, panel Model Merah Manipulasi dalam Bagian 2 di sebelah kiri.) 
              2. Klik pada "Tombol Load". Sebuah menu pop up dan meminta Anda yang. PMD model untuk beban.
              3. Pilih "Miku_Hatsune_Ver2.pmd" pada menu beban dan membukanya.
              4. Setelah Anda telah memilih file untuk memuat, klik ya untuk pop up dan model PMD. Miku Hatsune dari harus dimuat ke dalam jendela tampilan Anda.

              Menghapus Model:

              Akan ada beberapa kasus di mana Anda mungkin tidak sengaja memuat model yang salah PMD. Atau hanya memutuskan bahwa model PMD Anda dimuat pada waktu sebelumnya. Tidak cocok untuk seluruh animasi Anda di kemudian hari.
              Untuk menghapus model dari jendela tampilan secara permanen, klik pada "Hapus Tombol" di panel manipulasi model yang merah. Perhatikan bahwa ketika Anda melakukan ini, pekerjaan (seperti menimbulkan / data animasi) dilakukan pada model dimuat akan hilang dan tidak dapat dibatalkan.

              Bab 5 - Viewing

              Melihat Model:

              Ada beberapa cara untuk melihat model Anda dimuat di berbagai sudut.
              1. Klik dan tahan tombol kanan mouse dan drag di sekitar untuk melihat model dari sudut manapun Anda inginkan.
              2. Untuk memperbesar, gunakan tombol mouse wheel atau "ikon kaca pembesar" di bagian kanan atas jendela tampilan Anda.
              3. Untuk mengatur posisi tampilan Anda di sekitar jendela tampilan, Anda dapat klik dan tahan tombol mouse sambil menyeret roda ketiga atau menggunakan "ikon arah" di kanan atas jendela tampilan Anda.
              4. Anda juga dapat menggunakan panel biru di kanan bawah bernama "View" untuk memilih sudut pandang instan model dimuat Anda.

              Bab 06 -. Menyamar dan Memindahkan PMD Model

              PMD model. Memiliki struktur rangka yang terbuat dari "tulang" dan tulang masing-masing mengendalikan bagian dari tubuh mereka. Setiap kali Anda memuat model, perhatikan bahwa model dimuat diisi dengan lingkaran biru dan kotak biru beberapa (yang semua bagian tulang).
              Mari kita coba contoh di mana kita akan berpose model dengan menggeser kepalanya untuk melihat ke kanan Anda.

              Memindahkan tulang dari Model:

              1. Beban "Miku_Hatsune_Ver2.pmd"
              2. Pilih tulang "kepala" dengan mengklik lingkaran biru di kepalanya yang menunjuk ke atas.Tulang harus menyoroti merah pada saat dipilih. (Anda akan tahu mana tulang merah disorot Anda telah memilih dengan melihat kiri atas jendela layar yang menunjukkan nama model yang dipilih dan tulang merah dipilih disorot.)
              3. Gerakkan mouse Anda ke "panel Manipulasi Tulang" Blue bawah dan klik pada tombolberputar. Sebuah lingkaran hijau dengan salib merah dan biru akan muncul di kepala model.
              4. Gerakkan mouse Anda ke bagian biru salib dan itu akan sorot sebagai kuning
              5. Klik dan tarik mouse anda ke kanan sampai model melihat ke kanan Anda.
              6. Klik pada tombol "Register" di "Panel Manipulasi tulang" Blue mendaftar tulang kepala itu berpose.
              7. Sekarang coba berpose tulang lain dan membuat model terlihat keren atau bodoh.

              Bab 7 - Animate PMD Model.

              Sebelum kita menghidupkan apa-apa, saya ingin memberikan penjelasan dasar tentang apa "animasi" seperti dalam MMD.
              Beberapa dari Anda mungkin telah melihat "buku animasi flip" sebelumnya. Dinyatakan dalamWikipedia , animasi buku sandal berisi "serangkaian gambar yang diambil yang berbeda-beda secara bertahap dari satu halaman ke halaman berikutnya, sehingga ketika halaman yang berubah cepat, gambar muncul untuk menghidupkan dengan mensimulasikan gerak atau beberapa perubahan lainnya."
              Konsep animasi sebenarnya cukup mirip dalam MMD. Daripada halaman gambar, kita memiliki"frame" dari posisi model / pose. Jadi 100 halaman gambar dalam sebuah buku flip mirip dengan 100 frame dari posisi model / berpose di MMD di mana setiap frame maju memiliki posisi model / berpose bervariasi secara bertahap. MMD juga menggunakan waktu-garis yang melacak animasi dari awal sampai akhir dan sebuah frame adalah titik dalam garis waktu.
              Untuk mendapatkan ide yang lebih baik, mari kita mencoba contoh dengan menghidupkan tulang kepala model.
              1. Load "Miku_Hatsune_Ver2.pmd" model
              2. Lihatlah Manipulasi Window Bingkai di sebelah kiri dan memastikan bahwa nomor itu pada 0.(Jika Anda lihat gambar pada Bab 2, panel ini di bagian 3)
              3. Pilih tulang kepala model
              4. Putar kepala model sampai model ini melihat ke kanan Anda
              5. Klik pada tombol REGISTER di "Panel Manipulasi tulang" Biru untuk mengatur tulang yang berpose pada frame 0
              6. Gerakkan mouse Anda ke Window Manipulasi Bingkai di sebelah kiri, mengubah nilai dari 0 sampai 99 dan tekan enter. Perhatikan bahwa garis hijau telah pindah ke frame 99
              7. Sekarang, memutar kepala sampai model model melihat ke kiri Anda
              8. Klik REGISTER di "Panel Manipulasi tulang" Biru untuk mengatur tulang berpose pada frame 99
              9. Gerakkan mouse Anda ke "Panel Putar" di kanan bawah dan tekan tombol Play

              Penjelasan:

              Pada frame 0, kepala model diatur untuk menghadap ke kanan Anda. Ini seperti menggambar di halaman 1 dari sebuah buku flip, "bingkai / halaman" pertama.
              Pada frame 99, kepala model ini kemudian diatur untuk menghadap ke kiri. Ini seperti menggambar pada halaman 100 dari buku flip, "bingkai / halaman" terakhir.
              Untungnya, kita tidak perlu "mengatur frame 1-98". Jika Anda klik pada jendela manipulasi frame ke kiri dan tekan tombol panah kiri atau kanan pada keyboard Anda, Anda dapat melihat bahwa MMD telah mudah dihitung dan mengisi kesenjangan antara frame 1-98. Pada dasarnya, MMD animasi menentukan di mana tulang harus berpose seperti di Bingkai A dan di mana tulang harus diajukan sebagai pada frame B.
              Sekarang Anda telah animasi kepala, mencoba menghidupkan bagian-bagian lain dari frame 0 - frame 30 seperti IK_Bones Kaki atau leher atau tubuh bagian atas. Ingat untuk tekan tombol "REGISTER" tombol di "Panel Manipulasi tulang" Blue mengatur negara tulang '.
              Catatan:
              Menggunakan frame lebih atau kurang untuk animasi memutar kepala Anda akan membuatnya turn lebih cepat atau lebih lambat.
              Untuk memiliki animasi tulang lebih spesifik, Anda harus mendaftar lebih banyak frame di antara keduanya.
              Jika Anda tidak bisa memanipulasi tulang model, mungkin ada dua alasan:
              1. Tombol pilih di panel Manipulasi Tulang Biru dimatikan. Klik untuk memilih tulang lagi.
              2. Jika Anda hanya melihat panel Kamera, Light dan Aksesori bukan Bone dan panel manipulasi wajah, ini berarti bahwa Anda berada di "Kamera / Terang / Aksesori Mode". Lihatlah panel Manipulasi Model Merah dan Anda akan melihat "kamera / cahaya / aksesori". Klik drop down menu dan pilih model Anda.

                Bab 8 - Kamera

                Animator tidak hanya seorang aktor ketika menghidupkan model tetapi juga kameramen.Bagaimana kita memberitahu kamera MMD di mana untuk film? Kita hanya dapat melakukan ini di "Kamera / Terang / Aksesori modus".
                MikuMikuDance sebenarnya memiliki dua mode: "Kamera / Terang / Aksesori" Mode "dan Mode Model". Pada file baru (sebelum Anda memuat model), perhatikan bahwa menu drop down di "Panel Model Manipulasi" Merah bawah, hanya mengatakan "kamera / cahaya / aksesori". Ini berarti bahwa MMD di Kamera / Terang / modus Aksesori dan mana yang kita dapat memindahkan sudut pandang kamera dan memutuskan mana untuk film di jendela tampilan.
                Tapi ketika kami memuat model, drop down box di Panel Manipulasi Model Merah di bagian bawah mengatakan nama model bukan kamera / cahaya / aksesori. Ini berarti bahwa MMD dalam modus model dan mana yang kita hanya dapat mengontrol model yang dipilih. Juga perhatikan bahwa ketika Anda sedang dalam mode model, panel Kamera, Lighting panel dan panel Aksesori sekarang panel dan panel tulang wajah.
                Mari kita coba menjadi orang kamera dan film sekitar model.

                Film depan model dan membuat Anda cara untuk punggung

                1. Pergi ke menu atas dan pilih File -> New sehingga kita dapat mulai dari awal.
                2. Load "Miku_Hatsune_Ver2.pmd" model (Perhatikan bahwa Manipulasi Model Panel menu drop-Merah kotak di bagian bawah sekarang mengatakan nama model. Ini berarti bahwa MMD dalam modus model.)
                3. Klik kotak Manipulasi Model Panel Merah menu tarik dan pilih "kamera / cahaya / aksesori"untuk kembali ke Kamera / Terang / modus Aksesori sehingga kita dapat memanipulasi kamera, bukan model.
                4. Gerakkan mouse Anda ke Panel Manipulasi Bingkai Jendela ke kiri, mengubah nilai dari 0 sampai 99 dan tekan enter.
                5. Tahan tombol kanan mouse Anda untuk mengubah sudut pandang ke belakang model.
                6. Klik pada tombol "REGISTER" di panel "Kamera" biru bawah
                7. Klik pada tombol Play di kanan bawah.
                8. Animasi harus menunjukkan kamera membuat spin "gaya matriks" sekitar model.

                Penjelasan:

                Pada frame 0, sudut pandang kamera default di depan model
                Pada frame 99, kita mengatur sudut pandang kamera baru berada di belakang model.
                Ketika film dimainkan, MMD menghitung dan kamera bergerak dari frame ke frame 99 0 sendiri.

                Sekarang mencoba membuat sudut kamera Anda sendiri!
                Catatan:
                1. Jika Anda tidak dapat memanipulasi kamera di etalase dan hanya melihat panel manipulasi Bone dan wajah bukan panel Kamera, Lighting dan Aksesori, ini berarti bahwa Anda dalam "Mode Model". Lihatlah Panel Manipulasi Model merah dan Anda akan melihat nama model dalam menu drop down. Klik menu drop-down dan pilih kamera / cahaya / aksesori.
                2. Jika Anda dalam modus model, tindakan kamera terdaftar di kamera / cahaya / mode aksesori tidak akan berpengaruh kecuali kamera pelacakan pencahayaan dipilih dalam menu Tampilan atas -> Pelacakan Kamera Lighting.
                3. Pencahayaan, bayangan dan pengaturan aksesori hanya bekerja dalam kamera / lampu / mode aksesori.

                  Bab 9 - Pengantar ke X Aksesoris.

                  X Aksesoris. Adalah obyek 3D tanpa tulang dan dapat dalam bentuk apapun seperti alat musik, senjata, topi, tahap konser, bangunan, jalan, dll Seperti aksesoris tidak memiliki tulang, bentuk bentuk mereka tetap sama sepanjang animasi. Sebagai contoh, model PMD mobil. Dapat memiliki pintu yang dapat dibuka atau ditutup tapi. X aksesori model mobil tidak akan.
                  Sebuah fitur khusus dari aksesoris yang membuat mereka berbeda dari model PMD. Adalah bahwa mereka dapat "dilengkapi" dengan model PMD juga.. Selain itu, ukuran dan opacity aksesoris juga dapat disesuaikan.
                  Dalam contoh gambar, saya model PMD Akita Neru melengkapi 3 item aksesori X..:
                  • Sebuah pedang katana
                  • Seorang perwira topi
                  • Kacamata hitam
                  Selanjutnya, saya akan menjelaskan bagaimana untuk memanipulasi aksesoris ini dan bagaimana membuat model melengkapi mereka.

                  Bab 10 - Loading dan Menghapus X Aksesoris.

                    Memuat file aksesori

                    1. Pastikan bahwa Anda berada di kamera / cahaya / aksesori modus dengan memeriksa model merah Panel Manipulasi.
                    2. Klik pada tombol beban pada Panel Manipulasi Aksesori Kuning.
                    3. Memuat file, negi.x
                    4. Item daun bawang akan muncul di jendela tampilan
                    5. Beban

                    Menghapus file aksesori

                    1. Pastikan bahwa Anda berada di kamera / cahaya / aksesori modus dengan memeriksa model merah Panel Manipulasi.
                    2. Menggunakan menu drop down, pilih aksesori yang ingin Anda hapus.
                    3. Klik pada tombol hapus pada Panel Manipulasi Aksesori Kuning.
                    Catatan:
                    1. Hanya aksesori yang dapat dimuat, dihapus dan dimanipulasi dalam kamera / lampu / mode aksesori saja.
                    2. MMD dilengkapi dengan empat belas aksesori file. X dan 3 file VAC dan. Mereka berada di folder aksesori default Anda
                    3. Anda juga dapat mengklik dan drag file X ke jendela tampilan. Memuat mereka dengan cepat bukan melalui Panel Manipulasi Aksesori Kuning.

                      Ehem! Saya sudah menyiapkan file dalam bentuk TEKS untuk di-download/di unduh! Aslinya, ada 16 bab lagi yang sangat LAMA untuk dibaca disini! Oh iya, mohon ma'af untuk bahasa Indonesia yang agak aneh.. Ini hanya kemampuan Google Translate saja yang salah. Sebenarnya dalam Bahasa Inggris, jadi maklumlah jika salah... <:(
                      Seperti yang sudah saya katakan, Sumber tutorial ini berasal dari website ini, http://www.mmdsekai.com/  , dan untuk penerjemahannya dari Google Translate. :)
                      File tutorial (TEKS) bab 1-16 INDONESIA:
                      Cara Menggunakan MMD.docx
                      Terima Kasih, mohon dicari tombol "follow" jika anda suka/ tertarik pada blog ini~ :P


              8 comments:

              1. mau nanya cara supaya aksesoris ngikutin tangan model gimana ya? kaya kalo modelnya mau make pedang biar pedangnya otomatis nempel di tangan gimana?

                ReplyDelete
                Replies
                1. 1.Di camera/light/accesory, kamu cari kotak warna kuning tua (accesory manipulation).
                  2.Trus, kamu klik bar yang ada di bawah 'load' untuk milih model, dan yang dibawah 'add-syn' untuk memilih dari bagian bone yang mau di-attach item.
                  3.Pilih aja salah satu dari pilihan yang ada. Kalo untuk pedang, enak pake satu dari 'jari_1L/R' Misal ; Center_1R

                  Maaf bila buat bingung~

                  Delete
              2. kak biar lightny bisa ngikutin pergerakan modelnya sama mirrorny itu biar bisa bekerja jg itu caranya gimana..?

                ReplyDelete
              3. kak kalo ini kenapa ya?
                Cannot open file:2 If Japanese font is included in the file name(*pmd) please rewrite in English font.

                ReplyDelete
              4. mas minta link yang bab 1-16, inggris gpp!!

                ReplyDelete
              5. Mau tanya, gimana cara nambahin model mmd biar lebi dari 1 model?

                ReplyDelete
              6. This comment has been removed by the author.

                ReplyDelete
              7. kak cara menggeser model MMD nya dari titik tengah biar bergeser ke samping bagaimana kak? soalnya aku waktu load model mau buat banyak + berjejer tapi malah bersatu semua di titik tengah -_-. mohon pencerahannya terimakasih

                ReplyDelete